Rabu, 25 Agustus 2010

I Miss Being M04-10

Udah lama juga nih, gak posting tulisan (goblok) ke blog. banyak banget yang pengen saya tulis sebenarnya, apalagi soal pengalaman magang saya yang sebenarnya udah lama saya pengen share (tapi otak terlalu malas berpikir, tangan terlalu ogah bergerak, mood terlalu susah diajak kompromi! jadilah pengalaman magang saya terpendam dihati menjadi untold story...sadaaaap, hahahaha)

Baiklah teman-teman sekalian. Tidak terasa waktu cepat berlalu. Hari ini, hari ke-2 saya masuk kuliah, minggu ke-2 saya puasa, dan hari ke-19 saya selesai magang. (ceritanya ini paragraf pembuka, tapi kok gak enak ya dibaca, *langsung berdendang Yaaasudaaahlaaaah!*)

Dan sejujurnya magang sebagai reporter bukanlah hal yang menyenangkan, bahkan sangat melelahkan. Tapi pengalaman yang didapatkan melebihi dari apa yang saya sempat expektasikan (*ini agak lebay!)

1. Sebuah Keraguan

tertanggal 1 Juli hingga 6 Agustus 2010 saya tercatat sebagai reporter freelance disebuah media online (ya ya namanya kompas.com). Sebelum saya dipanggil untuk wawancara oleh mba sese (haduhh, kangennya dengan wanita dengan style etno-edgy-fuckingcool satu ini) saya sempat meragu untuk magang. Masalahnya liburan akhir semester genap kemarin merupakan liburan terakhir saya sebagai mahasiswa, pasalnya tahun depan saya memang sudah diwajibkan magang oleh kampus saya, dan tahun depannya lagi saya mungkin sedang bergelut gelisah dengan skripsi saya, dan tahun depannya lagi mugkin saya sudah menjadi salah satu produser sebuah acara tv(Amin Ya Robb!).
Saya sempat curhat, bicara dari hati-hati dengan sahabat saya Mindy Ramadhina, disebuah sore yang absurd di dalam mobil baby orange-nya yang gaul, saya pun ber-curhat (*cih, ber-curhat istilah bodoh apaaa ini yang keluar dari otak saya?)
G: "Min, gw bingung deh! kalo lo jadi gw ambil magang gak ya tahun ini?"
M: "ehhm, gimana ya ta. kalo menurut gw tahun ini mending lo liburan aja, masalahnya tahun depan kan kita emang udah wajib magang. Dan kata bokap gw, kalo lo udah kerja bakalan lebih susah lagi nyari waktu buat liburan. jadi kalo gw jadi lo sih, mending nikmatin aja liburan lo!"

Dan saya pun mendapat sebuah keyakinan untuk tidak mengirimkan CV ke kompas.com, tapi tiba-tiba saya ngerasa gak afdol kalo gak curhat sama nyokap.
G: "Mah, menurut mama aku ngambil magang gak?"
M: "Kalo emang udah bisa kenapa enggak? Itung-itung buat cari pengalaman. Jaman sekarang git, yang penting itu pengalaman bekerja."
saya pikir ada benarnya juga. secara satu-satu pengalaman saya bekerja adalah bisa nyuci piring, ngepel, sama masak nasi -_____________-"

lalu dengan bimbang saya pun mencemplungkan CV saya yang superbiasabanget itu ke HRD kompas.com

2. Rutinitas

dan saya pun diterima. dan saya pun mengalami perubahan rutinitas.

Bangun jam 5 pagi. naik kereta jam 7 pagi. turun di stasiun palmerah. jalan sedikit, nyampe kantor. tukerin KTP di Lobby dengan kartu visitor. naik ke lantai 5. ketemu mas mbong atau mas wisnu. dikasih undangan pertemuan/acara yang waktunya mepet. langsung meluncur ke slipi bareng kak engge naik Angkot M09. siap-siap make masker. nyampe di Slipi. naik bus (yak beneran bus yang asep knalpotnya ngebul item gak karuan). naik bus dengan badan bau knalpot hati was-was takut dicopet.nyampe ke tempat dengan tepat waktu. eh ternyata acaranya di hotel. ngerasa kurang kece maka gw ke WC dulu. cuci muka. keringin muka. make bedak. ngelap keringet. make parfum. nyisir rambut. baru masuk ke tempat acaranya. dapet press release. sok sibuk dengan garis-garisin press release. sok sibuk dengan ngeliatin bb. eh tapi kok malah acaranya gak mulai-mulai. eh ternyata acaranya yang ngaret 30 menit-1 jam. acara dimulai. kalo yang ngomong menteri di rekam. kalo bukan menteri di tulis aja kata-kata "gong"nya. hasilnya berupa corat coret disana sini. gw pun pusing liat tulisan sendiri. pelan-pelan mulai disusun jadi berita online. kirim ke mas wisnu. makan siang. biasanya makanannya enak :9. keluar dari acara. nyari musholla. sholat. ke acara lainnya. dengan kendaraan umum yang sama. dengan kegiatan bodoh yang sama. jam 4 kembali ke kantor. briefing kalo ada mas mbong. kalo gak ada mas mbong langsung ke stasiun lagi. naik kereta api apa aja yang ke arah serpong. banyak orang kantor yang naik kereta. alhasil boro-boro dapet tempat duduk yang ada nyium semerbak mewangi bau ketek. oksigen yang terhirup didalam kereta 10% sisanya CO2. untung gak pingsan. Nyampe stasiun rawabuntu. senangnya bukan main. ngambil motor ditempat penitipan.nyampe rumah udah jam 6an lah. mandi. makan. nonton. tidur tak nyenyak karena berpikir "besok guah bakalan begini lagi" atau "hari sabut masih lama".

3. Kangen

WALAUPUN SEMUA ITU MELELAHKAN TAPI SAYA KANGEN!
saya kangen menjadi M04-10 (itulah kode reporter saya yang artinya M: Magang, 04: yang ke 4, 10: Tahun 2010). walaupun saya gak jago nulis, walaupun saya paling sering diceramahin karena beritanya kurang berbobot, tapi jujur saja saya "kangen" dengan euforia kewartawanan saya, walaupun masih dengan jabatan FREELANCE.
saya kangen dengan pengamen buskota yang walaupun sumbang suaranya tapi kaya kritik liriknya. saya kangen mendengarkan diskusi supir bus dengan kernetnya mengenai masalah-masalah yang ada. saya kangen menyaksikan pemandangan yang luar biasa paradoksal di negeri antah berantah ini. saya kangen berjalan dibawah jembatan semanggi karena bingung yang mana namanya KOMDAK. saya kangen bertanya dengan orang-orang dijalanan. saya kangen mondar-mandir naik busway engan sotoy, saya kangen dengan segala keletihan yang saya alami.

saya kangen.

dan saya kangen semuanya.

terimakasih untuk mas wisnu, mas mbonk, mas latif yang dibagian redaksi.
mba sese, mba rani, bagian HRD.
mba tika bagian keuangan.
mba nova dan mba mia bagian receptionistnya kompas.com.
makasih buat mas-mas satpam depan kompas.
makasih buat tukang gorengan depan kompas (enak nyeee).
terimakasih untuk tukang ojek, supir biskota, orang-orang yang ada di kereta, semuanya, terimakasih udah mau menghiasi hidup saya dan menjadi bagian dari pengalaman saya. terimakasih untuk kak engge, kak devi, kak nita (yang hapenya ke colongan di biskota, kalian juga oke banget. makasih ya mau bimbing saya yang dodol ini. buat kak lia semangat ya, sampe bulan oktober, yang tabah-tabah jalaninnya. hahahah.

nb: walaupun saya kangen, tapi insya Allah saya gak akan balik lagi ke kompas.com untuk magang tahun depan. setelah menjalani menjadi wartawan online saya makin yakin dan mantap melangkah ke industri televisi. syukur-syukur bisa jadi tim kreatif sebuah acara tv, tapi kalo bisa di news doank saya gak papa kok balik lagi jadi reporter, tapi REPORTER TV. hehehe