Selasa, 16 Agustus 2011

Ramadhan is not (only for) moslem


D Indonesia ini, katanya penduduknya didominasi 90 persen oleh penganut agama muslim. Sebagai kelompok yang Mayoritas, bulan Ramadhan udah pasti hal yang paling berasa banget di negara ini (apalagi di kota Jakarta, kesabaran dan keimanan seseorang benar-benar dijui 0:) ).
Kedai-kedai makanan mulai menutup lapaknya dengan tirai dan gorden, mesjid-mesjid mulai ramai lagi (walau cuman di minggu pertama puasa), artis sinetron mulai dikerudungi, tanabang mulai ramai didatangi pengunjung (ini pertanda bentar lagi mau lebaran... biasanya baru 2 minggu puasa tapi orang udh panik nyari baju lebaran, dasar bangsa lebay), pokoknya semua aspek sosial di negara ini sangat terasa ke-Ramadhan-an-nya, benar-benar berkah untuk semua umat.

Tapi Sayangnya, umat Islamnya sendiri masih pada ngejalanin puasa itu sendiri gak ya? Seperti yang kita (umat Islam dan hampir semua umat agama lain) tau, kalau kita berpuasa itu harus bersabar, tidak boleh berbohong, jangan bergunjing, karena ini waktunya ibadah. Tapi kayaknya orang Islam yang udah dari lahir jadi muslim (macam saya begini) lebih mentingin "ahh yaudahlah yang penting gw udah gak makan sedari sahur sampai maghrib". Sholat ditinggalin, facebook dipantengin (ehh, udah gak in lagi deng facebook... twitter sekarang yang nge trend), Nazarudin lah ditongkrongin, sampe inti dari adanya bulan Ramadhan sendiri sebagai bulan ibadah buat umat Muslim sendiri pun mulai terkikis hilang. Masih banyak sih yang ke mesjid buat teraweh, tapi banyak juga yang cuman nyampe warung depan mesjid dan sisanya pada sibuk di lapangan sambil main petasan (untuk ritual yang satu ini udah gak kenal batasan usia dah).

Umat Islamnya sendiri udah gak mengindahkan bulan Ramadhan. Beberapa orang asik main petasan (seperti yang saya jelasin diatas) beberapa lainnya masih pada nyangkut di jalan Jakarta (yang terkutuk..) beberapa yang lainnya sibuk ngobrak ngabrik kedai makan orang padahal puasa juga enggak (iya gw nyindir FPI)

Tapi, dari keabsurdan yang ditampakan oleh masyarakat kita yang anomali dan ajaib ini dibulan suci Ramadhan, ada hal yang lebih "menakjubkan" dan menurut saya ini yang paling indah. Waktu itu saya sedang makan siang (karena kan saya wanita, jadi dikasih waktu istirahat untuk gak puasa dulu sama Allah :P) dikantor bareng temen saya yang kristen. Kita lagi ngomongin yang katanya besok (17 agustus 2011, yap hari kemerdekaan Indonesia, yap itu tanggal merah) kita gak libur. terus saya bilang "yaudah bilang aja sakit atau ada urusan keluarga, lagian kita kan masih magang masa gak boleh sih.. ahahaha".
Tau apa kata teman saya ini, dia bilang "Jangan bohong donk, kan lagi Puasa"

Itu baru satu, beberapa minggu sebelulmnya, saya pernah satu gerbong kereta dengan seseorang dengan kalung salib dilehernya dan berwajah oriental. Hari itu sudah cukup sangat sore. Mendekati adzan maghrib. Kereta penuh bukan main, tapi perempuan ini menyuruh kita duduk dilantai "lah udah mau pulang ini daripada capek berdiri" ujarnya. Saya setuju banget. Dari dulu saya pengen ngampar di kereta kalau gak dapet tempat duduk, tapi saya malu untuk mulai. Maka duduklah satu sisi gerbong wanita. Waktu petugas tiket mengabarkan kalau sudah masuk waktu maghrib. Serempak semua orang pada bukain bekal yang ada. Dan perempuan ini juga buka makanan dia (yang waktu itu dia bawa sekantong permen) dan nawarin keseluruh penumpang "Ambil aja mbak, buat sekedar ngebatalin" ujarnya.

Dan 2 pengalaman langsung ini, bisa saya simpulkan betapa Ramadhan tidak hanya milik umat muslim, Di Indonesia ini Ramadhan telah menjadi salah satu bagian dari tradisi dan budaya dan mengakar kesemua ras, suku, dan agama. Jadi betapa sangat disayangkan kalau umat muslimnya sendiri gak menjalankan dengan sebaik-baiknya. Apalagi malah menodainya dengan pengerusakan dan penggrebekan.

intinya saya mau mengucapkan selamat berpuasa, dan ahlan wasahlan Ramadhan. Maap ya udah lama gak nge-blog (bukan berarti saya sibuk, bahkan sama sekali gak sibuk, cuman gitu lagi males nulis aja) bilang selamat Ramadhannya aja udah deket lebaran :DDD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar